Latest News

Monday, December 14, 2020

Covid Sudah Singgah Di Teras Rumah Kita

 

Covid Sudah Singgah Di Teras Rumah Kita

Dr. Nadjibah Yahya

Kita kini berada di tahap di mana covid 19 benar benar hadir di teras rumah kita.  Kasus semakin meningkat tak terkendali bahkan tak mampu tercatat lagi . Gelombang ke dua covid lebih mengerikan dari sebelum nya sesuai prediksi.

Kini hampir setiap saat saya menemani pasien menangis dan meratap,  walau semula tidak percaya dan abai. Mereka meregang nyawa akibat covid 19. 

Kasus kasus positif covid 19 saat ini karena : 

# tidak pernah menggunakan masker
# kasus bepergian keluar kota walau dengan tujuan menolong seseorang
# kasus setelah menghadiri pernikahan
# kasus setelah mencium tangan orangtua
# kasus setelah menghadiri pangajian serta arisan dan lain lain 

yang mengingatkan kita bahwa inilah dampak saat protokol kesehatan tidak dilaksanakan dengan maksimal.

Ada juga kisah bahagia ketika beberapa kasus ternyata hanya dengan mematuhi aturan berupa pakai 
# masker ( dengan benar)
# jaga jarak ( jauhi kerumunan dan hajatan) 
#sering mencuci tangan

jadi pencegahan paling kuat untuk menularkan ke orang-orang yang kita sayangi. 

Ingat sekali kita terinfeksi virus ini akan ada komplikasi besar dalam beberapa organ di tubuh kita walau virus ini sudah tidak ada . Begitu besar daya rusak virus ini. 

Ketidakjujuran masih merajalela, sehingga kasus semakin tinggi tak terkendali. Kapankah semua sadar harus ada kebersamaan dalam menghadapi covid saat ini?

Mari satukan ikatan, rapikan barisan untuk mencegah nya bersama. Tanpa kebersamaan semua akan kandas. Ingatlah banyaknya angka kematian di Indonesia seharusnya bisa menjadi bahan pelajaran untuk kita . 

Mohon kita patuhi aturan, jika kita tidak mau patuhi atau masih tidak percaya adanya covid 19, ijinkan kami untuk percaya dan menjaga kuat diri kami dan semua. 

Tolong jangan membenci saat orang lain tertib pakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan
Jangan menuduhnya was was. Was was itu penyakit dan menjaga protokol kesehatan adalah sebuah kearifan dalam bersikap. Bukan karena jijik atau takut tertular, tapi menjaga agar mereka tidak menulari. 

Jangan mencerca saat orang lain sering cuci tangan dan menolak salaman, itu cara mereka menjaga kesehatan semua termasuk anda.

Jangan tuduh seseorang memutus tali silaturahmi, saat orang menjauhi kerumunan, pertemuan dan berkunjung, justru orang orang inilah yang sedang menjaga silaturahmi tetap ada dan lengkap dengan semua personil tanpa ada seorang pun yang harus berpulang.
Jadi jangan mereka dicemooh. 

Jangan nyinyir saat tenaga medis dan keluarganya menjaga erat aturan, itu semua karena mereka selalu mendampingi duka dan derita pasien positif covid 19  serta mereka sudah kehilangan sekian banyak sejawatnya. 

Jangan kucilkan saat seseorang melarang anaknya bersekolah dan bermain bersama, itu hak nya untuk menjaga kesehatan anaknya.

Wabah ini hadir di sekitar kita, kita punya cara masing masing untuk menghadapinya yang mungkin berbeda. Jadi hormati masing masing.  Tapi ingat bahwa masing masing kita akan mempertanggungjawabkan di hadapan Nya. Tidak mungkin akan sama nilainya orang yang menjaga ketat aturan demi kesehatan bersama dengan orang yang abai dengan dalih hanya bergantung pada tawakal tanpa ikhtiar.  

Semoga ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga ini bisa sebagai bukti di hadapan Nya bahwa saya sudah mengingatkan sebagai kewajiban profesi saya. 

Salam Sehat Penuh Cinta.

=========================

Salam SEHAT.......
Mengngatkan kembali utk kita semua, PANDEMI BELUM BERAKHIR. Penularan virus covid saat ini lebih agresif , krn saat musim hujan, orang lengah dan melonggarkan PROKES Covid. Virus COVID akan sangat sulit menembus utk masuk ke dlm tubuh orang yg menjaga kesehatan nya dengan cara :
1. Makan bergizi sesuai kebutuhan tubuh dan tdk membuat tenggorokan dan lambung menjadi sakit
2. Minum susu, kopi pahit 1 cangkir setiap pagi, air hangat 1 gelas besar sebelum dan sesudah makan. Jangan minum minuman yg dspat menimbulkan sakit di tenggorokan dan perut
3. Makan vitamin renovit (usia dibawah 50 Th), Renovit Gold (usia lbh 50 Th) setelah sarapan pagi. Vitalong C minimal 500 mg, bagi yg bermasalah dg tenggorokan/ batuk, vitalong  C 1000 mg dan kalau terjadi kehilangan penciuman atau rasa di lidah, vitalong C hrs dimakan minimal 2000 mg setelah sarapan pagi dan setelah mkn siang.
4. Nature E minimal 100 IU, bagi yg mempunyai komorbid( penyakit hipertensi/ jantung/ asma/diabetes dsb, sebaik nya vit E : DALFAROL. Vit E dimakan 1x1 sedang makan malam.
Selalu taati PROKES COVID:
Pakai masker dan face shield.
Tdk berkumpul kumpul, bila terpaksa krn pekerjaan, jangan pernah melepas kan masker, sebaik nya pakai masker 2 lapis, dan ganti masker setiap 2 jam, cuci tangan dg sabun/ hand sanitizer sbelum dan saat memakai masker kembali. Ketika makan dikantor, dengan banyak orang, jaga jarak, jangan sambil bicara, atau ter tawa2, krn pada saat ini biasanya terjadi penularan virus dg sangat mudah. Lakukan OLGA ringan, berjemur kalau ada panas mata hari, sampai kulit merasa perih.
Jangan tinggalkan Sholat, perbanyak Sholat sunnah, Doa dan Zikir. 
Semoga Allah selalu melindungi kita semua dan kita selalu dalam keadaan SEHAT PRIMA. Aamiin ya Rabbal'aalamiin

===============



 



Tags

Akan Berakhir (2) Analisa Politik (1) Anti Body (3) Aprisiasi (1) Arti Istilah (1) Arti Kata (1) Arti Lockdown (1) Artikel Persatuan (1) Artikel Virus (2) Atasi Masalah (2) Bawang Merah (1) Berita Baik (3) Berita Kepresidenan (1) Bersama Qlue (1) Biaya Covid19 (1) Breaking News (1) Cairan Panas (1) Chloroquin Mantab (1) Ciri2 Covid-19 (2) Dampak Pariwisata (1) Daun Sirih (1) Denny Siregar (1) Edukasi Covid-19 (1) Fungsi Masker (1) Gejala Corona (1) Gotong Royong (1) Hangat Lemon (1) Happy Hypoxia (1) Hati2 Makan Obat (2) Hindari Pencemaran (2) Ibufropen (1) Info Covid-19 (8) Info Virus (1) Jenis Batuk (1) Jika Tertular Covid19 (1) Kabar Baik (1) Kehidupan Berharga (1) Kerongkongan Lembabkan (1) Kesaksian (2) Kesatuan Yg Berbeda (1) Kesehatan (2) Kisah Nyata (3) Kisah Nyata Kena Covid19 (1) Korban Covid-19 (2) Kurangi Resiko (1) Langkah Pencegahan (1) Lawan Covid-19 (21) Lawan Virus (11) Medsos Covid-19 (1) Menangkal Penularan (1) Mengura (1) Mengurangi Resiko (1) Minum Terus (1) Motivator (1) Mudah Murah (1) Nasihat Ini OK (1) New Normal (1) ngi Resiko (1) Obat Virus (1) Obat Yang Benar (1) Pandemi (1) Patuhi Protokol Kesehatan (1) Penanganan Virus (1) Penangkal Virus (1) Pencegahan (1) Pencegahan Bersama (3) Pencegahan Covid19 (1) Pencegahan Virus (3) Pendusta (1) Pengamat Politik (1) Penggunaan Masker (1) Penularan Tanpa Sengaja (1) Penularan Virus (1) Penyebaran Virus (1) Perawatan Covid (1) Peringatan Pertama (1) Rapid Test (1) Relawan Test Covid-19 (1) RS Rujukan (1) Rujukan Covid19 (1) Sebarkan (1) Semakin Ganas (1) Sembuh Total (1) Sementara (1) Serba Serbi (1) Sering Minum (1) Sharing Pengalaman (1) Surat Terbuka (3) Susah Dibilangin (1) Tanda Terineksi Virus (1) Tanda2 Terpapar Covid (1) Tanpa Gejala (1) Tes Massal (1) Test Covid-19 (1) Testimoni (2) Tidak Ada Mustahil (1) Tindakan Pencegahan (1) Tingkatkan Kekebalan (1) Tolong Menolong (1) UUDarurat Covid-19 (1) Vaksin (1) Ventilator (1) Viral Load (1) Virus Dan Negara (1) Wabah Covid-19 (5) Wajib Diketahui (1) Wakil Rakyat (1) Waspada Selalu (2)